Tahap 3 – Legalisir Kemenkumham

Setelah kita sudah dapat SKBM, tahapan belum selesai ya sampai situ.  Legalisir SKBM di Kememkumham bagian ditjen AHU adalah tahap yang harus kita lakukan selanjutnya.  Oh iya untuk alamat kemenkumham sudah bukan di Gedung Sentra Mulia Jl Hr. Rasuna Said, tetapi lokasi sekarang Gedung Cik’s tepat berada di lantai 1.

 

No.84-86, Jl. Cikini Raya, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330, Indonesia Phone: +62 21 3100975

 

 

 

Security akan memberikan no. antrian untuk permohonan legalisasi dokumen. Semua dokumen dimasukkan ke dalam map biru ya.

Dokumen yg dibutuhkan untuk legalisir di Kemenkumham ditjen AHU:

  1. Pas Photo 3×4 warna biru
  2. SKBM asli + fotocopi 1 lembar. NOTE: Hanya SKBM asli yang dilegalisir
  3. Materai 6000
  4. Fotokopi KTP

Setelah no. antrian dipanggil, kita menuju counter. Petugas akan mengecek kelengkapan dokuman dan akan memberikan formulir untuk kita isi (maaf tidak sempat foto formulirnya) dan langsung diberikan bukti untuk mengambil legalisir.

Proses belum selesai sampai sini, kita akan diarahkan untuk mengambil nomer voucher di komputer yang telah disediakan. Masukkan nama, email dan no telepon. Pilih pemesanan Nomor Voucher perdata umum Item PNBP legalisasi tanda tangan yang tercantum dalam dokumen. Nanti akan tertera nomer voucher yang perlu dicatat untuk melakukan pembayaran. Biasanya satpam akan membantu kita dalam hal ini.

Pembayaran dapat dilakukan di BNI atau BJB (lokasi di ruangan yang sama). Total yang harus dibayar Rp 25.000/ dokumen. Setelah mendapat slip pembayaran, langsung saja ke kembali ke counter. Proses kerja 3 – 5 hari.

Dokumen diambil sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan dengan membawa kertas pengambilan.

Nanti kita akan mendapatkan SKBM asli anda dengan legalisir kemenkumham di bagian belakang seperti ini ya

Kalau memungkinkan lebih baik datang lebih cepat sehingga bisa langsung melakukan legalisir ke kemenlu di hari yang sama.

 

Спасибо большое 😀😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *