Tahap 1 – Surat Keterangan Mau Menikah

Oke sekarang akan saya jelaskan tahap pertama yang harus dilakukan di Indonesia, yaitu membuat surat keterangan mau menikah.

Bagaimana ya caranya? Tinggal sediakan waktu kita untuk meminta surat pengantar yang dimulai dari ketua RT, RW dan kelurahan dengan membawa KTP dan KK asli + fotokopi. Kalau tidak ada waktu, bisa meminta seseorang untuk mewakilinya tanpa perlu surat kuasa.

Prosedur pembuatan surat keterangan mau menikah:

  1. Bawa KTP dan KK kita ke ketua RT, minta untuk membuatkan surat pengantar untuk mengurus surat keterangan nikah. Ketua RT akan menyerahkan surat pengantar tersebut dengan tanda tangan dan cap.
  2. Bawa surat pengantar tersebut ke ketua RW dan akan ditandatangani dan dicap.

    Surat pengantar RT & RW
  3. Setelah surat pengantar selesai langsung bawa ke kelurahan. Berdasarkan surat tersebut, nanti akan dibuat surat N1, N2 & N4. Sebenarnya saya tidak tau mengapa ini dibutuhkan karena capil tidak diminta untuk membuat SKBM.

Dokumen-dokumen lain dari kelurahan adalah

  1. Surat pernyataan belum pernah menikah dengan meterai 6000 dan tanda tangan 2 saksi (saksi boleh siapa saja, karena tidak akan dipanggil oleh capil)
  2. Surat pernyataan belum pernah menikah
  3. Surat keterangan belum pernah menikah dengan kop surat kelurahan. Dokumen ini dibutuhkan untuk membuat SKBM. Petugas kelurahan tidak akan memberikannya secara langsung dan bahkan tidak tau mengenai surat ini. Jangan sampai seperti saya ketika sudah datang ke capil, harus kembali lagi ke kelurahan untuk meminta surat ini.
Surat keterangan belum pernah menikah kop kelurahan

Non muslim cukup sampai di kelurahan saja. Tetapi untuk muslim harus dilanjutkan kembali ke kecamatan.

Pembuatan dokumen diatas bisa dilakukan hanya dalam 1 hari. Berikut adalah tahap pertama sebelum membuat SKBM. Pembuatan dokumen di atas bisa selesai hanya dalam waktu 1 hari saja dan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Спасибо большое 😀😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *